Strategi Menghadapi Masalah

2020-04-12 23:03:48
Rate :
Share :
Facebook Twitter Whatsapp

Strategi Menghadapi Masalah

Datam hidup sehari-hari, adalah hal yang wajar jika kita menghadapi berbagai masalah. Dalam menghadapi masalah, manusia akan bereaksi berbeda-beda. Ada yang cenderung bereaksi sama menghadapi berbagai masalah yang berbeda. Ada pula yang bereaksi berbeda, tergantung situasi dan kondisi dari masing-masing masalah. Bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk dapat menghadapi masalah?

Menghindar

Cara ini adalah cara yang terkesan paling aman dan mudah. Dengan menghindar dari masalah, kita dapat menghindari terlibat dalam masalah atau terhindar dari masalah baru. Meski A & 0 III/Agt18 Menghadapi demikian, kita tidak dapat selalu menghindari dalam segala situasi.

Mengalihkan Perhatian

Cara ini dilakukan jika kita tidak mampu menghindar. Ngeles istilah orang zaman sekarang. Masalah memang tidak akan terselesaikan dengan mengalihkan perhatian, namun strategi ini biasanya berhasil untuk dapat menurunkan tingkat ekskalasi masalah. Dengan demikian, masalah tidak berlarut-larut atau bertele-tele.

Berpikir Positif

Jika ada masalah, amatlah mudah untuk marah, menghakimi, atau berprasangka buruk. Meski demikian, emosi negatif bukanlah hal yang bail< bagi kesehatan fisik dan psikis. Dengan berpikir positif, secara tidak Langsung alternatif dan solusi masalah dapat dicari.

"Ada yang cenderung bereaksi sama menghadapi berbagai masalah yang berbeda. Ada pula yang bereaksi berbeda, tergantung situasi dan kondisi dari masing-masing masalah."

Berpikir Negatif

Tentu saja anda dapat berpikiran negatif jika anda sedang menghadapi masalah. Berpikir negatif adalah hal yang manusiawi terjadi ketika seseorang sedang berhadapan dengan masalah. Meski demikian, pikiran negatif yang dimaksud disini adalah pikiran negatif yang berhubungan dengan akibat, dampak, dan resiko jika kita tidak menghadapi dan menyelesaikan masalah. Hal ini juga berhubungan dengan pertimbangan untung rugi dari suatu hal. Dengan berpikir negatif, anda dapat mengetahui kerugian-kerugian jika anda tidak menyelesaikan masalah atau mengambil keputusan terkait dengan masalah.

Dukungan Sosial

Mencari dukungan sosial adalah hal yang penting. Memecahkan masalah sendiri adalah hal yang balk. Namun, seringkali individu tidak memiliki semua pengalaman, dana, pemikiran, atau hal lain yang dibutuhkan sehubungan dengan pemecahan masalah. Bantuan atau berbagi dengan orang lain sehubungan dengan pemecahan masalah dapat membantu anda keluar dari masalah. Terdapat berbagai alternatif untuk memecahkan masalah. Hal yang perlu diingat adalah bahwa kemampuan untuk mencari jalan keluar adalah hal yang dapat dipelajari dan dikembangkan. Dengan melatih kemampuan untuk mencari jalan keluar, masalah dapat terpecahkan dengan lebih efektif, efisien, tepat, dan menguntungkan. (yz)


sumber : Majalah Online A and O Magazine : Majalah Psikologi Tentang Dunia Kerja
Komentar